5 Tips Simpel untuk Menciptakan Pencahayaan Alami dalam Rumah

Cahaya redup dapat menciptakan suasana malam yang tenang saat Anda dan keluarga Anda siap untuk tidur malam yang nyenyak. Tidak bagus ketika ruangan Anda terus-menerus kekurangan cahaya alami yang cukup pada siang hari.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengatur ulang rumah Anda sepenuhnya agar memungkinkan cahaya masuk secara teratur, Anda dapat membuat beberapa perubahan untuk meniru atau mengimbangi pencahayaan alami.

Dalam artikel ini kami akan memberikan tips simpel menciptakan pencahayaan alami dalam rumah:

Beri Jalur agar Cahaya Masuk

Ini mungkin tampak jelas, tetapi sebelum Anda mulai mencoba meniru cahaya alami, pastikan ruang Anda diatur untuk menangkap cahaya yang masuk. Ini berarti mengatur tata letak furnitur dengan barang-barang berat yang diletakkan jauh dari jendela mana pun. Ini juga berarti menggunakan penutup jendela yang memungkinkan fleksibilitas sepanjang hari.

Pilih Palet Warna yang Sempurna

Hal berikutnya yang harus diperhatikan saat mencari cahaya yang lebih baik adalah dinding Anda. Skema warna gelap di ruangan yang mendapat sedikit cahaya alami hanya akan membuat ruangan terasa lebih tertutup dan bahkan lebih kecil dari yang sebenarnya. Tetap gunakan warna-warna terang dan cerah, yang akan memperkuat cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Gunakan Dekorasi Reflektif

Sebagai bagian dari keseluruhan desain rumah Anda, pertimbangkan tidak hanya warna cat tetapi juga apa yang Anda pasang di dinding itu sendiri. Barang-barang dengan cat mengkilap, pelapis logam, atau permukaan reflektif lainnya memanfaatkan cahaya dengan sebaik-baiknya. Sehingga membuat ruangan Anda lebih cerah dan dipenuhi oleh banyak cahaya.

Pilih Bola Lampu yang Tepat

Tahukah Anda bahwa bola lampu tidak hanya memiliki jenis yang berbeda tetapi juga sesuatu yang disebut suhu warna? Lampu pijar condong ke arah ujung skala Kelvin yang lebih hangat, yang digunakan untuk mengukur suhu warna. Lampu LED mampu menangani suhu warna yang lebih tinggi dan bergerak ke ujung skala yang sejuk, yang lebih mirip di luar ruangan

Variasikan Sumber Pencahayaan

Bergantung pada cuaca atau waktu, Anda mungkin memiliki kebutuhan pencahayaan berbeda untuk setiap tugas atau suasana hati yang berbeda. Bagaimana Anda mengatur pencahayaan di sebuah ruangan benar-benar dapat memengaruhi seberapa baik Anda dapat mereplikasi sinar matahari di dalam ruangan. Hanya menempelkan lampu di ujung meja tidak akan mencerahkan ruangan seperti yang Anda harapkan.

Saat ruangan terasa gelap, pendekatan multi-cabang adalah yang terbaik, terutama jika Anda perlu memindahkan sumber cahaya dari satu area ke area lain. Lebih baik lagi, cari opsi pencahayaan yang berfungsi ganda, terutama jika Anda terbatas pada jumlah steker listrik di sebuah ruangan.

Sama pentingnya bagaimana Anda menempatkan furnitur di ruang Anda, posisi sumber pencahayaan Anda adalah kuncinya. Tujuannya adalah menggunakan bahan terbaik, jenis lampu, dan perlengkapan di atas kepala untuk meniru cahaya alami, jadi pastikan untuk menempatkan pencahayaan tersebut di tempat yang paling baik untuk menerangi ruangan sebanyak mungkin.

Anda tidak perlu melubangi dinding atau membuka langit-langit untuk membiarkan cahaya alam masuk. Dengan beberapa pilihan desain yang dipikirkan matang-matang dan penempatan furnitur yang kreatif, Anda dapat meniru tampilan alam bebas yang akan cerah setiap hari.