Mengenal Japandi Style Desain Populer Perpaduan Dua Benua

Faktanya, desain interior bergaya minimalis memang sangat digemari orang-orang pada saat ini. Namun, pernah tidak terlintas di benak kalian konsep minimalis dengan penggabungan dua budaya yang kontras?

Kalian pasti sering mendengar rumah dengan desain interior bergaya minimalis atau minimalis modern bukan. Faktanya, desain interior bergaya minimalis memang sangat digemari orang-orang pada saat ini. Namun, pernah tidak terlintas di benak kalian konsep minimalis dengan penggabungan dua budaya yang kontras? Mungkin jika hanya mendengarnya, kalian akan berpikir bahwa itu akan memberi kesan aneh atau tidak adanya suatu keserasian di dalamnya. Jangan salah, penggabungan dua budaya yang berbeda juga bisa memberi impresi apik dan kesan yang serasi, loh. Contohnya adalah desain interior bergaya Japandi ini. 

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Japandi style adalah sebuah penggabungan dua nama dari kata Japanese-Scandinavian. Sama seperti namanya, seperti itulah konsep ini menggabungkan konsep minimalis ala Skandinavia dengan konsep minimalis modern Jepang.

Japandi Style muncul dari pengaruh filosofi tradisional Jepang wabi-sabi yang berarti menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan yang digabungkan dengan konsep hygge dari Skandinavia yang berarti kenyaman didapat dari hal-hal sederhana. Sehingga, gabungan dari filosofi ini menghasilkan sebuah konsep rumah yang lebih terfokus pada desain minimalis yang memberikan kesan estetik, welcoming, serta multifungsi. Konsep ini muncul mulai tahun 2017 kemudian merebak dan populer terutama bagi para kaum milenial hingga saat ini. 

Karakteristik dari Japandi style terfokus pada penggunaan material kayu dan bahan alami lainnya yang juga menonjolkan sebuah tekstur disertai dengan tone warna yang akan menghasilkan tampilan bersih dan cerah. Japandi style cocok digunakan pada rumah-rumah yang tidak memiliki cukup banyak area karena salah satu karakteristiknya adalah mengutamakan space-saving.

Elemen- elemen penting dari Japandi style adalah:

  1. Palet warna natural yang memberi kesan damai dan tenang

2. Kerajinan tangan yang lebih menonjolkan pada kualitas dan material alami

3. Desain dan bentuk simpel serta minimalis

4. Menekankan pada ketahanan benda dalam jangka panjang yang juga ramah lingkungan

Jadi, itulah kawan sedikit insight tentang interior desain yang saat ini populer di kalangan kaum milenial. Sampai ketemu lagi di pembahasan lainnya.