Penerangan Alami pada Rumah dan 5 Manfaat Pentingnya!

Kita percaya bahwa penerangan alami pada sebuah rumah memiliki manfaat yang jauh lebih besar dari sekedar estetika saja.

Penerangan alami pada sebuah rumah memberikan manfaat yang jauh lebih banyak dan penting untuk kehidupan kita. Tanpa kita sadari terkadang suasana hati kita dipengaruhi oleh lingkungan sekitar kita.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Mari kita simak artikel berikut ini untuk mengetahui beberapa manfaat dari penerangan alami dalam sebuah rumah.

  1. Manfaat secara psikologis

Kita sering mendengar tentang perang melawan sinar matahari dan betapa berbahayanya sinar matahari terhadap kulit kita. Namun tanpa sinar matahari, kita akan merasa sedih. Sinar matahari memicu produksi serotonin, hormon yang mampu membuat kita merasa semangat dan bahagia, pada otak kita.

Membiarkan lebih banyak cahaya masuk rumah sama artinya dengan memberi kesempatan untuk diri kita merasa bersemangat dan bahagia tanpa harus mengeluarkan usaha yang lebih. 

Jika rumah Anda memiliki akses yang cukup terhadap sinar matahari, itu juga berarti rumah Anda memiliki akses terhadap kegelapan juga. Ketika matahari terbenam dan hari mulai gelap akan memicu produksi hormon melatonin, hormon yang mampu membantu kita untuk mengatur waktu tidur kita. 

Siklus natural matahari secara tidak sadar memiliki efek untuk psikologis manusia. Memiliki pencahayaan matahari yang cukup pada rumah kita mampu membuat pikiran menjadi lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih berfungsi secara rutin.

  1. Secara fisik

Sama seperti pada pikiran kita, sinar matahari alami juga mampu memberikan keajaiban pada fisik kita.

Ketika kulit kita terkena sinar matahari dapat memicu produksi vitamin D dalam tubuh kita. Vitamin D adalah salah satu vitamin yang sangat penting bagi tubuh kita.

Membiarkan sinar matahari yang cukup masuk ke rumah, dapat mendukung kesehatan orang-orang yang tinggal dalam rumah itu. Vitamin D adalah hal yang vital dalam kehidupan kita, dan matahari adalah cara terbaik untuk mendapatkannya. 

  1. Secara efisiensi dan pengembangan

Rumah yang didominasi dengan cahaya alami matahari memiliki fungsi yang lebih efektif. Bayangan dari cahaya matahari mampu memberikan efek ruangan yang lebih luas terhadap rumah.

Penggunaan pencahayaan buatan dalam waktu lama diketahui memiliki efek buruk pada penglihatan. Kedipan halus cahaya biru yang dipancarkan dari layar dan lampu neon dapat membuat mata tegang, menyebabkan potensi rabun jauh.

Ditemukan juga bahwa cahaya alami memainkan peran penting dalam pertumbuhan penglihatan yang sehat pada anak di bawah umur. Dopamin adalah zat kimia yang mengontrol perkembangan bola mata dan dirangsang oleh sinar matahari. 

Jadi pastikan anak-anak Anda mendapatkan paparan cahaya alami setiap minggu, ruangan yang terang bisa membantu!

  1. Secara ekonomis dan ketahanan

Jika Anda menggunakan cahaya alami matahari seperti yang di mau, Anda akan melihat pengurangan pada biaya listrik bulanan Anda. Memasang kaca Low-E atau jendela kaca ganda dapat memanfaatkan panas matahari menjadi pemanas rumah Anda secara gratis.

Pada negara yang tidak memiliki banyak hari berawan, memiliki panel surya di atas rumah Anda berpotensi menghemat ratusan dan ribuan dolar setahun untuk tagihan listrik.

  1. Meningkatkan nilai properti

Tidak ada yang menandingi perasaan rumah yang dipenuhi dengan cahaya alami, dan ini bisa menjadi pertimbangan bagi penghuni saat mencari properti untuk ditinggali. Saat menjual rumah, agen real estat akan selalu menjadikannya salah satu hal pertama yang mereka menyebutkan.

Cahaya alami membuat ruangan terasa lebih besar dan terbuka, dengan banyak orang bersedia membayar lebih untuk suasana tertentu.