Tips Mendesain Kamar Tidur yang Cocok Untuk Buah Hati Anda

Desain kamar tidur bukan hanya penting bagi kita orang dewasa, melainkan juga penting untuk buah hati kita. Yuk simak tips untuk mendesain kamar buah hati Anda!

Jika kita berbicara tentang desain kamar yang cocok untuk anak-anak, maka hal apa yang pertama terlintas dalam pikiran Anda?

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Apakah ruang kamar yang dipenuhi berbagai warna dan tempat tidur yang bertemakan kartun favorit mereka? Atau sebuah kamar yang penuh dengan gambar mereka sendiri bersama teman-teman mereka beserta kata-kata mutiara yang tergantung di dindingnya?

Berikut beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan ketika mendesain ruangan untuk buah hati Anda!
  1. Tanya pendapat mereka terlebih dahulu

Jika Anda ingin menciptakan kamar yang nyaman dan menyenangkan untuk buah hati Anda, pastikan mereka juga ikut dalam proses pembuatan kamar tersebut. Tidak perlu menjadi pengambil keputusan utama dalam setiap detail kamar mereka, tetapi cukup untuk membuat buah hati Anda juga merasa memiliki kamar tersebut. 

Bergantung pada usia buah hati Anda, Anda bisa mulai dengan menanyakan preferensi mereka terkait tempat tidur, tema, bahkan warna dari kamar mereka nantinya. 

Jika Anda memiliki lebih dari satu buah hati dan mereka saling berbagi kamar, Anda dapat meminta pendapat masing-masing buah hati Anda dan menggabungkan idenya dalam satu kamar yang nantinya akan menonjolkan keunikan setiap penghuninya. 

  1. Menyertakan karakter favorit mereka

Cara mudah dan fleksibel untuk memasukkan karakter favorit buah hati Anda adalah dengan menggunakan stiker dinding yang mudah dilepas dan dikupas saat mereka nantinya tidak lagi menyukai karakter tersebut. 

Anda dapat menggunakan sarung bantal atau selimut karakter yang tidak terlalu mahal sebagai pelengkap kamar tersebut, atau Anda bisa menggunakan papan tulis untuk menggambar karakter favorit anak-anak agar dapat dihapus dengan mudah jika mereka tidak terlalu menyukainya lagi. 

  1. Gunakan hal netral dan izinkan perubahan

Apakah itu tentang memilih makanan atau warna favorit, anak-anak terkenal untuk tidak terlalu konsisten pada pilihan mereka dan hal itu wajar di usia mereka. 

Maka dari itu ketika memilih warna pada dinding kamar buah hati Anda, memilih warna netral bisa menjadi pilihannya. Hal ini memudahkan Anda untuk mengganti warnanya ketika buah hati Anda menginginkan warna lain. 

  1. Pastikan ruangan kondusif untuk beristirahat

Satu hal penting yang biasanya sering dilupakan para orang tua bahwa kamar tidur pada akhirnya dipergunakan untuk istirahat buah hati mereka. 

Hal-hal sederhana dapat membawa perubahan besar. 

Misalnya adalah memasang gorden yang menjulang dari plafon hingga lantai kamar untuk sepenuhnya mencegah cahaya masuk kamar. Hal ini dapat membantu buah hati Anda dengan rutinitas tidur mereka. 

Anda juga bisa memasang gorden yang berwarna agar masih memberikan kesan menyenangkan pada kamar buah hati Anda. 

  1. Ciptakan ruang berbeda untuk aktivitas yang berbeda

Memiliki ruang berbeda untuk setiap aktivitas berbeda dalam kamar tidur buah hati Anda mampu membantu mereka dengan pengaturan bekerja dan bermain mereka sendiri. 

Misalkan dengan membuat ruang belajar pada buah hati Anda ketika mereka sudah bersekolah, dapat membantu mereka untuk fokus dan lebih bertanggung jawab pada waktu dan tugas mereka. 

Ketika buah hati Anda masih memasuki fase bermain-main, membangun ruang bermain dalam kamar mereka dapat menciptakan rutinitas yang lebih padat disekitar tempat tidur mereka. 

Saat Anda mendesain kamar tidur anak yang sempurna, perlu diingat bahwa pemisahan juga dapat membuat ruang terlihat dan terasa lebih besar, yang akan membuat lebih banyak ruang untuk bersenang-senang.

  1. Perhatikan kepribadian dan kebiasaan buah hati Anda

Ketika mendesain kamar tidur buah hati Anda jangan lupakan untuk mempertimbangkan kepribadian dan kebiasaan mereka. Hal ini bisa membuat buah hati Anda merasa nyaman dan aman dalam ruang tidur mereka sendiri.